-->

Penyebab Luka Bakar | Cara Mengobati

cara mengobati 

Penyebab Luka Bakar

Luka Bakar bisa muncul karena beberapa hal, diantaranya adalah panas, zat kimia, listrik dan radiasi. Sebagian besar (69%) luka bakar didapatkan di rumah, 9% di tempat kerja, dan kebanyakan juga akibat kecelakaan, 2% disebabkan oleh serangan orang lain, kemudian 1 - 2 % disebabkan oleh percobaan bunuh diri.

Di bawah ini kami akan menjabarkan lebih lanjut hal - hal apa saja yang dapat menyebabkan cedera luka bakar : cara mengobati, cara mengobati penyakit,
cara mengobati, cara mengobati penyakit,

1. Panas

Panas bisa jadi merupakan hal yang paling banyak menyebabkan cedera luka bakar. Banyak sekali kegiatan sehari - hari yang mengharuskan kita berhubungan dengan yang namanya panas, seperti aktivitas memasak, menyetrika pakaian, membakar sampah, dan sebagainya. Aktivitas - aktivitas tersebut bisa menyebabkan cedera luka bakar secara langsung jika kita tidak sengaja bersentuhan dengan elemen panas dari alat - alat pemanas yang sedang kita gunakan. Akibat tidak langsung dari aktivitas - aktivitas tersebut adalah kebakaran yang bisa terjadi karena penggunaan alat - alat pemanas dari aktivitas yang bersangkutan tersebut secara ceroboh.
Di Amerika Serikat kasus luka bakar umumnya atau paling banyak terjadi karena panas. Dari semua kasus kebakaran rumah yang mengakibatkan kematian, 25% disebabkan oleh rokok, dan 22% disebabkan oleh alat pemanas. Namun, hampir separuh cedera luka bakar ini diakibatkan oleh upaya memadamkan kebakaran. cara mengobati, cara mengobati penyakit,
Ada juga yang namanya cedera lepuh, atau cedera berupa melepuhnya kulit. Cedera lepuh ini paling umum terjadi pada anak di bawah usia lima tahun. Kontak dengan benda panas ataupun alat pemanas adalah penyebab 20% - 30 % kasus luka bakar pada anak. cara mengobati, cara mengobati penyakit,
Pada umumnya, lepuh merupakan luka bakar derajat I atau II, tetapi bisa juga mengakibatkan luka bakar derajat III, terutama karena kontak yang lama. Kembang api juga merupakan faktor utama terjadinya cedera luka bakar selama liburan di banyak negara. Hal ini merupakan faktor resiko bagi remaja pria karena kebanyakan para remaja pria lah yang menyulut kembang api secara langsung.
cara mengobati, cara mengobati penyakit,

2. Zat Kimia

Dua sampai sebelas persen dari seluruh kasus luka bakar yang terjadi disebabkan oleh zat kimia. Dan ternyata zat kimia juga menyebabkan hingga 30% kematian yang berkaitan dengan luka bakar. Luka bakar akibat zat kimia ini bisa disebabkan oleh lebih dari 25.000 zat. Mayoritas zat kimia penyebab cedera luka bakar berasal dari golongan basa keras, yang menyebabkan cedera luka bakar sebanyak 55%. Asam keras juga menyebabkan luka bakar sebanyak 26% dari seluruh kasus luka bakar akibat zat kimia. cara mengobati, cara mengobati penyakit,
Kematian akibat luka bakar umumnya terjadi akibat menelan zat kimia atau terjadi ketika seseorang melakukan ingesti. Penyebab utamanya meliputi : asam sulfat yang biasanya terkandung dalam cairan pembersih toilet. Sodium hipoklorit yang biasa ditemukan pada pemutih, dan hidrokarbon dengan kandungan halogen yang dapat ditemukan pada cairan penghilang cat. 
cara mengobati, cara mengobati penyakit,

3. Listrik

Cedera luka bakar karena listrik umumnya disebut cedera listrik. Cedera listrik sendiri digolokan menjadi cedera listrik tegangan tinggi dan cedera listrik tegangan rendah. Cedera listrik tegangan tinggi adalah cedera listrik akibat tegangan 1000 volt atau lebih. Sedangkan cedera listrik tegangan rendah adalah cedera listrik akibat tegangan listrik di bawah 1000 volt. 
Luka bakar listri pada anak - anak paling umum terjadi akibat bocornya kabel listrik dengan presentase sebesar 60% dari seluruh kasus luka bakar listrik pada anak. Kemudia 14% penyebab luka bakar listrik pada anak - anak terjadi akibat saklar listrik yang memang pada umumnya memiliki desain yang terbuka sehingga orang dewasa benar - benar harus memperhatikan letak dari sebuah saklar listrik agar tidak mudah dijangkau oleh anak - anak.
Jangan lupa bahwa petir juga dapat mengakibatkan luka bakar listrik. Faktor resiko tersambar petir meliputi aktivitas luar ruangan seperti naik gunung, bermain golf, dan berbagai olahraga di lapangan lainnya, serta bekerja di luar ruangan. Angka akibat kematian akibat sambaran petir adalah 10%.
Meskipun cedera listrik umumnya mengakibatkan luka bakar, tahukah kamu bahwa cedera ini juga bisa mengakibatkan patah tulang atau dislokasi (pergeseran) karena trauma tumpul atau kontraksi otot. Pada cedera listrik tegangan tinggi, sebagian besar kerusakan mungkin terjadi di bagian dalam tubuh, sehingga sejauh mana cedera listrik terjadi belum bisa dinilai hanya dengan pemeriksaan kulit saja, harus ada pemeriksaan rontgen juga supaya proses pengecekan cedera listrik ini bisa dikatakan selesai. Pemeriksaan lanjut seperti ini berguna dalam proses penanganan cedera nantinya, agar tidak ada cedera yang luput dari pengobatan akibat kurang teliti saat pemeriksaan.
Kontak dengan tegangan rendah maupun tegangan tinggi ternyata bisa mengakibatkan aritmia jantung atau serangan jantung. Oleh karena itu berhati - hatilah saat bekerja di tempat yang benyak listrik baik itu listrik bertegangan tinggi maupun listrik bertegangan rendah.
cara mengobati, cara mengobati penyakit,

4. Radiasi

Luka bakar karena radiasi bisa disebabkan oleh paparan berlarut - larut terhadap sinar ultraviolet (seperti dari matahari, atau pengelasan menggunakan busur api). atau dari radiasi pengionan (seperti dari terapi radiasi, sinar-X atau debu radioaktif. Paparan sinar matahari sepertinya merupakan penyebab paling umum dari luka bakar radiasi dan penyebab paling umum dari luka bakar superfisial secara keseluruhan. Jenis kulit seseorang akan secara bermakna menentukan kerentanannya dalam mengalami sengatan matahari. Efek radiasi pengion pada kulit tergandung pada jumlah paparan ke area tersebut, di mana kerontokan rambut terlihat setelah paparan sebesar 3 Gy, kemerahan terlihat setelah paparan sebesar 10 Gy, pengelupasan kulit basah setelah paparan sebesar 20Gy, dan nekrosis setelah paparan sebesar 30 Gy. Kemerahan ini, bila terjadi, mungkin tidak muncul hingga beberapa saat setelah terpapar. Pengobatan luka bakar radiasi sama seperti luka bakar lainnya. Luka bakar gelombang mikro terjadi karena pemanasan termal yang disebabkan oleh gelombang mikro. Meskipun paparan setelah dua detik bisa mengakibatkan cedera, secara keseluruhan kasus ini jarang terjadi.
cara mengobati, cara mengobati penyakit,


Pencarian terkait :
  • luka bakar, cara mengobati luka bakar, penyebab luka bakar, jenis - jenis luka bakar
  • luka bakar derajat I, luka bakar derajat II, luka bakar derajat II
  • terapi penyembuhan luka bakar, cara mengobati cedera luka bakar, cedera luka bakar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Luka Bakar | Cara Mengobati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel