-->

Beragam Penyebab Munculnya Sariawan di Mulut

Sariawan -  pada dasarnya dapat timbul karena berbagai hal. Sariawan biasanya muncul karena bakteri, kurangnya asupan vitamin (kurang mengonsumsi sayur atau buah), stres, gangguan hormon dan ternyata sariawan juga bisa muncul karena penyakit lainnya.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab munculnya sariawan, mari kita simak point - point di bawah ini :


1. Kurang Makan Buah atau Sayur - mayur

Kandungan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur - mayur merupakan senjata utama untuk menghindari sariawan. Kurang mengonsumsi buah atau sayur - mayur tentu saja dapat menimbulkan sariawan. 
Dahulu kebanyakan dari kita menganggab bahwa sariawan muncul karena kekurangan vitamin C, dan sering dikait - kaitkan sebagai akibat kurangnya mengonsumsi jeruk atau makanan yang mengandung vitamin C lainnya. Namun kenyataannya ternyata tidaklah demikian, kurangnya mengonsumsi sayur - mayur apa pun sayur - mayurnya ternyata juga bisa berpotensi menimbulkan sariawan. Satu minggu saja kurang makan sayur - mayur makan berhati - hatilah karena hal tersebut berpotensi besar menyebabkan sariawan.

Baca juga : 7 Buah - buahan Sumber Vitamin C terbanyak


Hati - hati jika kamu tidak suka makan sayur - mayur. Waspadalah jika kamu juga tidak suka makan buah buahan, karena bisa gawat jika kamu tidak menyukai kedua jenis makanan sumber vitamin ini, bisa - bisa kamu akan sering menderita sariawan.

Sayuran mengandung vitamin C, B2 dan B6, serta juga mengandung asam folat yang bisa menjadi sangat bermanfaat untuk membantu mencegah munculnya sariawan
Kurangya konsumsi sayur atau buah pada tumbuh seseorang dapat membuat tubuh kehilangan antioksidan yang berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, jika kita tidak suka sayur, tetaplah jaga asupan vitamin di dalam tubuh agar terus ada, caranya dengan mengganti sumber vitamin tersebut dengan buah - buahan. Ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati ya!

2. Kurang Terjaganya Kebersihan Mulut
Rongga mulut sebagai pintu utama masuknya apa pun ke dalam tubuh kita khususnya saluran pencernaan sudah seharusnya kita jaga dan rawat kebersihannya. Kebersihan mulut harus selalu di jaga setiap harinya. Rongga mulut yang kotor karena jarang dibersihkan dapat menyebabkan sariawan karena rongga mulut yang kotor menjadi sarang bakteri.
Bakteri - bakteri ini merusak selaput mulut yang tipis, sehingga dapat mengakitbatkan luka pada mulut yang berujung pada sariawan. Jika tidak mau terkena sariawan hendaknya kamu juga terus menjaga kebersihan mulut.

3. Makanan dan Minuman Panas
Tak jarang kita memaksakan untuk segera menyantap makanan yang masih panas ataupun menyeruput minuman yang baru saja diseduh. Awas, kamu bisa terkena sariawan jika memaksakan minuman dan minuman yang masih panas ini masuk ke dalam mulut. 
Panasnya bakso, teh, kopi atau apa pun makanan panas yang sering kita temui dapat mengakibatkan mutung atau gosong pada mulut (rasa terbakar), sehingga dapat mengakibatkan munculnya luka yang berakhir dengan sariawan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beragam Penyebab Munculnya Sariawan di Mulut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel